Search

Garam Himalaya, Bisa Untuk Pengobatan Juga Lho!

Bicara tentang garam, tentunya Anda akan berfikir rasanya asin kemudian masuk ke dapur untuk memasak. Perlu diketahui bahwa di dunia ini ada berbagai jenis garam yang bisa dipakai untuk memasak dan pengobatan. Salah satu garam yang terkenal adalah jenis garam himalaya.


Sekilas Tentang Garam Himalaya

Garam himalaya merupakan salah satu bumbu dapur yang paling langka karena berasal dari Pakistan. Kelebihan Garam Himalaya ini terbentuk bukan dari kristalisasi air laut yang sengaja diuapkan namun dari penimbunan di lava es atau salju yang begitu lama selama ribuan tahun. Nah, Anda jadi tahu kan kenapa harga garam himalaya sangat mahal, karena cara memperolehnya juga susah dan terbatas sekali. Garam ini hanya ada di pakistan saja, untuk proses pengambilannya juga memakai peralatan besar seperti menambang minyak bumi lho!


Untuk membeli garam ini, tidak semua petani garam (penambang) mau mengeluarkan garamnya kalau tidak perlu sekali. Termasuk barang langka.


Bentuk Garam Himalaya

Garam ini bentuknya lebih besar, seperti kristal berukuran sebesar beras. Warna garam ini jingga mudah, apabila terkena cahaya matahari akan berubah menjadi pink. Warna pink itu menjadi ciri khas senyawa zat besi di bagian dalamnya dan mampu menambah kadar darah bagi mereka yang kekurangan zat besi.


Garam ini juga berasa asin dan bisa dipakai untuk memasak, aman selama Anda memakainya dalam jumlah terkontrol. Kebanyakan garam juga bisa mengakibatkan tekanan darahnya tinggi dan penumpukan di area ginjal dalam waktu yang lama.


Manfaat Garam Himalaya

  1. Mineral Untuk Tubuh Mineral yang diperlukan untuk tubuh seperti boron, Selenium, fosfor, magnesium, seng, kalsium, yodium, kalium, tembaga, klorida, fluoride, dan masih banyak lagi. Untuk garam himalaya ini kandungannya sangat tinggi kendati Anda makan dalam jumlah yang minim. Berbeda dengan garam laut biasa yang punya mineral terbatas untuk jumlah yang minim.

  2. Menjaga Ph Tubuh Senyawa natrium di dalam garam himalaya mampu menetralkan asam lambung yang tinggi dan menjaga kadar airnya tetap stabil. Selain itu, natrium akan menaikkan kepadatan tulang dengan baik dan menjaga sel-sel osteositnya berkembang dengan baik.

  3. Tubuh Tetap Terhidrasi Jika Anda menderita diare wajib minum oralit sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang (elektrolit) maka tak jauh beda dengan garam himalaya. Garam ini juga mengatasi cairan tubuh yang hilang karena dehidrasi lama. Cukup berikan 1 sendok kecil dan campur dengan gula untuk mendapatkan larutan elektrolit yang baik. tubuh Anda akan terhidrasi dan tidak merasa lemah.

  4. Menyedot Racun Dalam tubuh manusia tentu terdapat racun atau toksik, racun ini bisa berasal dari endapan makanan atau bakteri yang menempel dan belum bisa keluar. Bagi orang pakistan, garam himalaya dicampurkan ke dalam air hangat dan dipakai berendam. Air garam ini dipercaya mampu menyedot racun yang ada di dalam tubuh. Ada juga garam himalaya padat yang bisa dipakai untuk menyedot racun.

Garam himalaya menurut risetnya juga kurang baik untuk ibu hamil dan penderita diabetes. Bagi penderita diabetes bisa memicu kadar darah tinggi atau hipertensi. Untuk itu, garam ini sangat baik bagi mereka yang benar - benar sehat dan tidak dalam kondisi hamil. Garam himalaya ini ditambang dengan jumlah yang masih terbatas di Pakistan. Namun jika Anda ingin mencobanya, enggak perlu jauh-jauh ke Pakistan, pesan langsung aja di Fitfut. Semua menu-menu Fitfut menggunakan bahan baku sehat berkualitas, salah satunya garam himalaya ini.

4 views