Search

Mengetahui Berapa Jumlah Kalori Yang Dibutuhkan Manusia Setiap Harinya

Mengetahui berapa jumlah kalori yang dibutuhkan manusia setiap hari sangatlah penting karena hal tersebut sangat berkaitan erat dengan peningkatan maupun penurunan berat badan. Oleh karena itu mengetahui jumlah kalori adalah salah satu kunci utama untuk bisa mendapatkan perubahan berat badan sesuai dengan yang anda inginkan.


Kalori adalah energi yang didapatkan dari makanan. Zat-zat gizi makanan yang ada dalam makanan yang dapat memberikan energi diantaranya adalah karbohidrat, protein dan juga lemak. Untuk karbohidrat sendiri setiap gramnya mengandung 4 kalori, untuk protein setiap gramnya juga mengandung 4 kalori, sedangkan untuk lemak setiap gramnya mengandung 9 kalori.


Dari perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa segala macam makanan yang mengandung lemak yang banyak dapat meningkatkan asupan kalori seseorang dengan signifikan. Kelebihan asupan kalori ini bisa mengakibatkan penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh jika tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur. Dengan demikian akan sangat baik bagi anda jika anda bisa menghitung Jumlah kalori yang dibutuhkan manusia sehari-harinya disertai dengan pengaplikasiannya dalam pemilihan jenis-jenis makanan yang akan anda konsumsi setiap harinya.


Kebutuhan Kalori Setiap Hari Masing-Masing Orang Berbeda-beda

Lantas berapakah jumlah kalori yang dibutuhkan manusia setiap harinya? Pada umumnya kalori yang dibutuhkan oleh wanita yang berusia sekitar 19 hingga 30 tahun dengan aktivitas ringan maka akan membutuhkan kalori sekitar 2000 kalori per harinya. Sedangkan kalori yang dibutuhkan untuk pria yang berusia sekitar 19 hingga 30 tahun dengan aktivitas ringan maka kalori yang dibutuhkan adalah sekitar 2400 kalori setiap harinya. Namun perlu digaris bawahi kebutuhan sehari-hari tiap orang akan berbeda-beda. Karena kebutuhan kalori setiap orang juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:


1. Jenis kelamin

Kebutuhan kalori setiap orang pasti akan berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut adalah jenis kelamin. Pada umumnya kebutuhan kalori laki-laki akan lebih besar jika dibandingkan dengan wanita.


2. Usia

Kebutuhan kalori manusia juga dipengaruhi oleh faktor usia. Saat seseorang berusia lebih dari 40 tahun maka kebutuhan kalori hariannya juga cenderung menurun. Oleh karena itu, semakin banyak usia seseorang maka akan semakin menurun juga kebutuhan kalori mereka. Terlebih lagi ketika usia mereka memasuki usia 60 tahun keatas.


3. Aktivitas Fisik atau Pekerjaan

Selain dua hal diatas jumlah kalori yang dibutuhkan manusia juga dipengaruhi oleh faktor pekerjaan atau aktivitas fisik mereka. Aktivitas fisik yang dilakukan oleh manusia biasanya digolongkan menjadi tiga macam yaitu aktivitas ringan, sedang dan berat.


Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Setiap Hari

Jika anda ingin mencari tahu berapa kebutuhan kalori anda setiap harinya, maka berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan:


1. Rumus Harris-Bennedict

Para ahli gizi sering menggunakan rumus ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh masing-masing orang. Rumus ini memperhitungkan jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, dan bahkan aktivitas fisik anda. Rumus untuk menghitung kebutuhan kalori laki-laki adalah 66,5+13,8 × (berat badan dalam kilogram) + 5 × (tinggi badan dalam centimeter) kemudian dibagi 6,8 × usia. Sedangkan rumus untuk menghitung kebutuhan kalori bagi wanita adalah 655,1 + 9,6 × (berat badan dalam kilogram) + 1,9 x (tinggi badan dalam centimeter) kemudian dibagi 4,7 × usia. Setelah itu, hasil perhitungan tadi harus anda kalikan dengan faktor aktivitas fisik anda. Jika faktor aktivitas fisik anda rendah maka kalikan dengan 1,2, jika aktivitas fisik anda sedang maka kalikan dengan 1,3 dan jika aktivitas fisik anda berat maka kalikan dengan 1,4.


2. Rumus WHO

Jika anda ingin menghitung kebutuhan kalori anda dengan rumus yang lebih sederhana maka anda bisa mencoba menggunakan rumus WHO. Rumus ini lebih mudah karena tidak memperhitungkan tinggi badan. Rumus WHO ini juga dibagi berdasarkan kategori umur. Misalnya untuk menghitung kebutuhan kalori bagi wanita berusia 18 hingga 29 tahun maka rumusnya adalah 14,7 × (berat badan dalam kilogram) + 496. Sedangkan untuk mencari kebutuhan kalori bagi laki-laki berusia 18 hingga 29 tahun adalah 15,3 × (berat badan dalam kilogram) + 679. Hasil dari perhitungan tersebut kemudian dikalikan dengan faktor aktivitas fisik anda.


Demikianlah berapa jumlah kalori yang dibutuhkan manusia serta bagaimana cara menghitungnya. Sekarang anda sudah tidak perlu bingung lagi untuk bisa menghitung jumlah kebutuhan kalori anda setiap harinya. Agar kesehatan anda tetap terjaga maka anda perlu menjaga keseimbangan energi anda sehari-hari.


Mau makanan yang rendah kalori tapi enak? Fitfut solusinya, katering makanan sehat Jakarta yang sudah dipercaya oleh ribuan customer. Terdapat ratusan menu sehat yang bisa kamu pilih.

74 views