Search

Tingkatkan Kualitas Hidup dengan Pola Makan yang Sehat

Saat ini pola hidup sehat sudah semakin dipahami oleh masyarakat khususnya pola makan yang sehat. Hal ini juga menjadi alasan mengapa semakin hari semakin banyak masyarakat yang mengubah pola makannya agar terjaga kesehatan tubuhnya. Ada beberapa kebiasaan yang baik terkait pola makan yang sehat untuk dilakukan.


Kunyah Makanan Perlahan

Saat kecil mungki kita sering mendengar bahwa saat mengunyah makanan sebaiknya dikunyah sebanyak 32 kali. Sebenarnya hal itu merupakan mitos atau memang fakta saintifik? Jadi, pengunyahan makanan sebanyak 32 kali merupakan fakta saintifik. Hal ini disebabkan saat kita mengonsumsi makanan selama 32 kali maka jumlah makanan yang kita konsumsi cenderung lebih sedikit. Hal ini ada hubungannya dengan kerja otak. Saat kita mengonsumsi makanan dengan kunyahan selama 32 kali, otak akan merespons bahwa anda sudah mengonsumsi makanan dengan cukup. Maka otak membuat anda merasa kenyang lebih lama. Namun, jika anda mengunyah makanan dengan cepat maka otak tidak akan sulit untuk menyadari bahwa anda sedang mengonsumsi makanan, sehingga otak tetap akan mengirimkan sinyal lapar yang akhirnya meningkatkan keinginan anda untuk makan.


Mengunyah makanan lebih lama juga memberi waktu untuk perut mempersiapkan diri dalam mencerna makanan agar makanan bisa terserap sepenuhnya oleh tubuh. Karena ketika anda mengunyah makanan selama 32 kali anda akan mengunyah makanan hingga halus dengan bantuan gigi dan enzim yang ada di ludah. Oleh karena itu dengan mengunyah makanan selama 32 kali membuat makanan menjadi lebih kecil dan akhirnya lebih mudah terserap oleh tubuh.


Kurangi Makanan yang Memiliki Kadar Garam Tinggi

Mungkin kita sering mendengar bahwa makanan dengan kadar garam tinggi menyebabkan tekanan darah tinggi. Memangnya apa hubungannya garam dengan tekanan darah? Makanan yang mengandung garam atau Sodium sangat berperan penting dalam mengikat air. Garam juga berfungsi dalam pengaturan volume serta tekanan darah, terlebih lagi garam juga berperan untuk mengatur kontraksi otot serta sistem transmisi pada sel saraf. Ketika anda mengonsumsi makanan yang memiliki kadar garam cukup tinggi hal ini mengakibatkan peningkatan kadar Sodium dalam tubuh. Peningkatan kadar sodium ini bisa menyebabkan kondisi tubuh mengalami hipertonis sehingga air diikat oleh garam dan tidak bisa dikeluarkan dari ginjal. Air yang diikat oleh garam ketika tidak bisa dikeluarkan dari ginjal mengakibatkan peningkatan tekanan dalam darah. Kadar garam yang disarankan saat ini tidak boleh lebih dari 6 gram atau tidak boleh lebih dari satu sendok teh per hari. Bahkan setengah sendok teh garam yang dikonsumsi oleh orang sehat mampu meningkatkan tekanan darah sistolik hingga 5 tingkat dan tekanan darah diastolik hingga 3 tingkat.


Hindari Konsumsi Minuman Bersoda

Salah satu pola hidup sehat yang cukup disarankan yakni dengan menghindari minuman bersoda. Apalagi saat ini jauh lebih mudah menemukan minuman bersoda jika kita sedang makan di luar. Minuman bersoda sebenarnya cukup dilarang untuk dikonsumsi hal ini karena dalam minuman bersoda mengandung pemanis buatan dan umumnya pemanis buatan mampu meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit stroke dan demensia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa perempuan yang sudah berumur dan mengonsumsi minuman bersoda 2 kaleng atau lebih setiap harinya mampu meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler lebih dari 30%.


Selain minuman bersoda, minuman dengan kadar alkohol juga patut dihindari jika anda ingin menerapkan pola hidup sehat. Apabila anda mengonsumsi minuman yang memiliki kadar alkohol nantinya hati akan bekerja keras untuk mengeluarkan minuman tersebut dati dalam tubuh. Apabila hati gagal mengeluarkan alkohol dari tubuh nantinya hati bisa mengalami peradangan hingga muncul gangguan kesehatan lain misalnya sirosis, hepatitis bahkan kanker hati. Selain itu, konsumsi alkohol juga bisa menyebabkan penyakit kardiovaskuler.


Beberapa penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa tiga gelas alkohol yang masuk dalam tumbuh mampu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh. Kenaikan tekanan darah inilah yang nantinya bisa menyebabkan penyakit kardiovaskuler dan penyumbatan pembuluh darah hingga penyakit gagal ginjal kronis.


Maka jagalah pola makan kamu, dan berlanganan Fitfut aja, katering makanan sehat Jakarta yang sudah dipercaya ribuan customernya. Fitfut menyediakan ratusan menu rendah kalori tapi kaya nutrisi dan serat, harganya terjangkau kok.

2 views